Selasa, 11 Oktober 2011

DEFINISI BAMBU DAN MANFAATNYA.





Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam. 



Konstruksi

Rumah-rumah di pedesaan Jawa dan Sunda masih banyak yang memakai dinding bambu. Pohon bambu yang tebal terutama di bagian pangkal dipakai sebagai kaso. Batang bambu juga banyak dipakai sebagai jembatan darurat.


  1. Mounts Botanical Garden, Pantai Palem Bagian Barat, Florida
  1. Bambu merupakan tanaman yang dapat ditanam pada tanah kering/basah, tidak membutuhkan perawatan khusus,    investasi kecil,  kemampuan toleransi terhadap lingkungan tinggi memiliki multifungsi sebagai bahan makanan, pembungkus, kerajinan, konstruksi dan industri
  2. Tanaman bambu memiliki nilai konservasi tinggi karena mampu memberi  perkuatan permukaan tanah, melalui kemampuan mempengaruhi retensi air dalam  lapisan topsoil, sehingga mampu meningkatkan aliran air bawah tanah  (www.jakartagonjang-ganjing.com)

1 komentar:

Kebun bambu biasanya menghasilkan sumber mata air.
Akan tetapi jika anda bosan dengan tanaman bambu, anda bisa me-reformasi lahan anda menjadi kebun sengon,
Sengon solomon jaguar jika di tanam di bekas areal bambu, pertumbuhan sengon solomon makin joss pertumbuhannya.
Kunjungi artikel di penelusuran tentang: Sengon Solomon jaguar F1.
Semiga bermanfaat.

Posting Komentar